Ekstraksi Soxhlet

 

Peralatan Ekstraksi soxhlet yang terdiri atas: kondensor/ pendingin, ruang ekstraksi, labu alas bulat, pemanas, klem, statif, tempat air masuk pada kondensor, tempat air keluar pada kondensor, selang air, dan sifon.

sokhlet

Gamabr 1. Rangkaian peralatan Ekstraksi soxhlet (tanpa selang air serta statif dan klem)

Kondensor atau pendingin ini bertujuan untuk mendinginkan pelarut yang dipanaskan pada labu alas bulat menguap melewati sifon yang besar, sehingga pendingin ini dapat menkondensasi uap pelarut yang menguap tersebut menjadi fasa cair kembali dan akan tertampung pada ruang ekstraksi yang berisi tempat sampel.

Pada kondensor ini, menggunakan pendingin air dimana air yang masuk berasal dari bawah dan keluar di atas, karena jika airnya berasal (masuk) dari atas maka air dalam pendingin atau kondensor tidak akan memenuhi isi pendingin sehingga tidak dapat digunakan untuk mendinginkan uap yang mengalir lewat kondensor tersebut. Oleh karena itu pendingin atau kondensor air masuknya harus dari bawah sehingga pendingin atau kondensor akan terisi dengan air sehingga dapat digunakan untuk mendinginkan pelarut yang melewati kondensor tersebut dari berwujud uap menjadi berwujud cair.

Ruang ekstraksi adalah tempat terjadinya proses ekstraksi sampel dimana pada ruang ekstraksi ini adalah tempat disimpannya thimble yang berisi sampel yang akan diekstraksi. Pada ruang ekstraksi ini, pelarut yang yang sebelumnya terkondensasi pada kondesor, akan jatuh pada ruang ekstraksi ini sehingga terjadi kontak antara pelarut dan sampel sehingga sampel dapat diekstraksi, yang kemudian akan mengalir melalui sifon yang berukuran kecil dan tertampung bersama-sama dengan pelarut pada labu alas bulat.

Labu alas bulat berfungsi sebagai tempat menampung pelarut dan ekstrak hasil ekstraksi. Pemanas berfungsi sebagai alat untuk memanaskan pelarut yang ada pada labu alas bulat. Statif dan klem berfungsi sebagai penyangga alat soxhlet agar tidak goyah atau terjatuh, sehingga alat tersebut tidak pecah.

Sifon, yang terdiri atas sifon yang besar dan sifon yang kecil. Sifon yang besar merupakan tempat mengalirnya pelarut dalam fasa uap menuju kondesor untuk dikondensasikan pada kondensor, sedangkan sifon kecil berfungsi sebagai tempat mengalirnya pelarut bersama ekstrak yang telah terekstraksi untuk dialirkan kembali ke dalam labu alas bulat sehingga ekstrak yang terekstraksi tersebut tertampung dalam labu alas bulat.

 Ekstraksi Soxhlet