Streokimia

(Konfigurasi R dan S senyawa khiral)

 

Senyawa karbon kadang memiliki yang namanya C khiral. Apa yang dimaksud dengan C khiral?

C khiral adalah atom karbon yang mengikat 4 atom atau 4 gugus yang berbeda.

Contohnya adalah lihat gambar berikut:

Atom C nomor 1 merupakan atom C khiral karena atom C tersebut mengikat 4 atom yang berbeda yaitu atom H, atom I, atom O, dan atom C.

Dalam senyawa C khiral ini dapat memutar bidang polarisasi ke arah kanan (searah jarum jam) dan ke arah kiri (berlawanan arah jarum jam). Yang memutar bidang polarisasi ke arah kanan di kenal dengan nama R, sedangkan yang memutar ke kiri adalah S.

 

Bagaimana penentuan konfigurasi streokimia R dan S tersebut?

Penentuan konfigurasi R dan S, dilakukan terlebih dahulu dengan cara menentukan prioritas utama dari keempat atom atau gugus yang terikat pada atom c khiral tersebut.

Prioritas ditentukan dari atom atau gugus yang terikat pada C khiral dengan jumlah elektron terbanyak

Contoh antara atom I dan atom O, maka yang menjadi prioritas pertama adalah atom I kemudian atom O.

Jadi untuk contoh berdasarkan gambar di atas, yang menjadi priritas pertama adalah atom I, kemudian atom O, lalu atom C, dan terakhir adalah atom H.

Setelah kita menentukan urutan prioritas, maka atom dengan prioritas terakhir, harus dibawah ke belakang kita (lihat gambar berikut)

Selanjutnya kita memutar atom dengan prioritas utama (priorotas 1) ke arah priorotas 2 dan priorotas 3. Jika arah putaran searah jarum jam maka sterokimianya (konfigurasinya) adalah konfigurasi R.

Demikian pula sebaliknya, jika memutar berlawan arah jarum jam, maka konfigurasinya adalah konfigurasi S.

Berdasarkan gambar di atas, maka konfigurasi atom C khiral tersebut adalah konfigurasi S, karena arah perputaran dari atom I, ke atom O, dan atom C adalah berlawanan arah jarum jam (memutar ke arah kiri).

Konfigurasi R dan S