Destilasi

Destilasi

Destilasi adalah teknik untuk memisahkan larutan ke dalam masing-masing komponennya. Prinsip destilasi adalah didasarkan atas perbedaan titik didih komponen zatnya. Destilasi dapat digunakan untuk memurnikan senyawa-senyawa yang mempunyai titik didih berbeda sehingga dapat dihasilkan senyawa yang memiliki kemurnian yang tinggi.

Set Alat Destilasi

Terdapat beberapa teknik pemisahan dengan menggunakan destilasi, salah satunya adalah destilasi sederhana. Set alat destilasi sederhana (Gambar 1) adalah terdiri atas labu alas bulat, kondensor (pendingin), termometer, erlenmeyer, pemanas. Peralatan lainnya sebagai penunjang adalah statif dan klem, adaptor (penghubung), selang yang dihubungkan pada kondensor tempat air masuk dan air keluar, batu didih.

 

Gambar 1. Rangkaian Alat Destilasi

Keterangan Gambar:

  1. Kran air
  2. Pipa penghubung
  3. Erlenmeyer
  4. Termometer
  5. Statif dan Klem
  6. Labu alas bulat
  7. Tempat air keluar dari kondensor
  8. Tempat air masuk pada kondensor
  9. Pemanas
  10. Kondensor

 

Adapun fungsi masing-masing alat yaitu labu alas bulat sebagai wadah untuk penyimpanan sampel yang akan didestilasi. Kondensor atau pendingin yang berguna untuk mendinginkan uap destilat yang melewati kondensor sehingga menjadi cair. Kondensor atau pendingin yang digunakan menggunakan pendingin air dimana air yang masuk berasal dari bawah dan keluar di atas, karena jika airnya berasal (masuk) dari atas maka air dalam pendingin atau kondensor tidak akan memenuhi isi pendingin sehingga tidak dapat digunakan untuk mendinginkan uap yang mengalir lewat kondensor tersebut. Oleh karena itu pendingin atau kondensor air masuknya harus dari bawah sehingga pendingin atau kondensor akan terisi dengan air maka dapat digunakan untuk mendinginkan komponen zat yang melewati kondensor tersebut dari berwujud uap menjadi berwujud cair.

Termometer digunakan untuk mengamati suhu dalam proses destilasi sehingga suhu dapat dikontrol sesuai dengan suhu yang diinginkan untuk memperoleh destilat murni. Erlenmeyer sebagai wadah untuk menampung destilat yang diperoleh dari proses destilasi. Pipa penghubung (adaptor) untuk menghubungkan antara kondensor dan wadah penampung destilat (Erlenmeyer) sehingga cairan destilat yang mudah menguap akan tertampung dalam erlenmeyer dan tidak akan menguap keluar selama proses destilasi berlangsung. Pemanas berguna untuk memanaskan sampel yang terdapat pada labu alas bulat. Penggunaan batu didih pada proses destilasi dimaksudkan untuk mempercepat proses pendidihan sampel dengan menahan tekanan atau menekan gelembung panas pada sampel serta menyebarkan panas yang ada ke seluruh bagian sampel. Sedangkan statif dan klem berguna untuk menyangga bagian-bagian dari peralatan destilasi sederhana sehingga tidak jatuh atau goyang.

Merangkai Alat Destilasi

Selanjutnya merangkai alat destilasi merupakan salah satu hal yang penting karena dengan pemahaman dan keterampilan yang baik dan benar maka dapat mencegah terjadinya kerusakan alat. Adapun tahapan merangkai alat destilasi sederhana adalah menyiapkan statif dan klem serta pemanas, kemudian memasang labu alas bulat, selanjutnya memasang kondensor, setelah itu memasang adaptor (jika menggunakan adaptor untuk destilasi senyawa yang mudah menguap), dan memasang labu penampung (Erlenmeyer), serta yang terakhir adalah memasang thermometer.

 

Proses Destilasi Sederhana

Setelah semua alat telah terpasang dengan baik, maka dapat dilakukan proses detilasi. Sebagaimana prinsip dasar dari destilasi adalah memisahkan zat berdasarkan perbedaan titik didihnya, maka komponen zat yang memiliki titik didih yang rendah akan lebih dulu menguap sedangkan yang lebih tinggi titik didihnya akan tetap tertampung pada labu destilasi. Proses penguapan komponen zat ini dilakukan dengan pemanasan pada labu destilasi sehingga komponen zat yang memiliki titik didih yang lebih rendah akan menguap dan uap tersebut melewati kondensor atau pendingin yang mendinginkan komponen zat tersebut sehingga akan terkondensasi atau berubah dari berwujud uap menjadi berwujud cair sehingga dapat ditampung di labu destilat atau labu Erlenmeyer. Pada proses destilasi ini, destilat ditampung pada suhu tetap (konstan). Hal ini dilakukan karena diharapkan akan diperoleh destilat yang murni pada kondisi suhu tersebut. Setelah sampel pada labu alas bulat berkurang, suhu akan naik karena jumlah sampel yang didestilasi telah berkurang. Pada kondisi naiknya suhu ini, proses destilasi sudah dapat dihentikan sehingga yang diperoleh adalah destilat murni. Pada destilasi, untuk memperoleh ketelitian yang tinggi penempatan ujung termometer harus sangat diperhatikan, yaitu ujung termometer harus tepat berada di persimpangan yang menuju ke pendingin agar suhu yang teramati adalah benar-benar suhu uap senyawa yang diamati. Pada proses destilasi, penyimpangan pengukuran dapat terjadi jika adanya pemanasan yang berlebihan (superheating) serta kesalahan dalam penempatan pengukur suhu (thermometer) tidak pada posisi yang benar.

Destilasi

about author

Rolan Rusli

rolan@rolanrusli.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

166 Comments on "Destilasi"

    Titik didih etanol tinggi karena pada molekul etanol terdapat ikatan hidrogen antara atom O dan atom H, sehingga untuk memutuskan ikatan hidrogen tersebut dibutuhkan energi yang lebih besar, dengan demikian menyebabkan titik didihnya menjadi lebih tinggi.
    Terima kasih

    kenapa pada destilasi pada saat suhu konstan ?
    senyawa apa yang di pakai ?
    suhu yang dinginkan suhu konstan apa suhu tidak konsatan dan kenapa ?

    mas, saya mau tanya, saat ini saya sedang memproduksi bioethanol dari limbah, dan melakukan pemisahannya dengan metode destilasi. nah sampai saat ini saya masih kesulitan untuk mengetahui apakah destilasi saya ini sudah selesai apa belum (takutnya karena terlalu lama, air ikut teruapkan dan menurunkan kadar hasil destilasi)? dan bagaimana kita tahu hasil destilasi nya sudah maksimal atau belum..

    Terima kasih.

    Titik didih etanol sekitar 78 derajat selsius, sehingga destilasi dilakukan pada suhu ini untuk memisahkan etanol dari air.
    Jadi sebaiknya destilasinya dilakukan dua atau tiga kali pada suhu tersebut.
    Namun, tidak dapat diperoleh etanol murni dengan teknik destilasi, maksimal yang diperoleh adalah etanol 95%.
    Untuk meningkatkan kadar etanolnya biasanya ditambahkan CaO untuk menghilangkan air pada etanol 95% tersebut.

    Alat sederhana yang bisa mengetahui kadar etanol adalah alkoholmeter, namun alat ini keakuratannya kurang, tapi saya kira alat ini cukup untuk skala sederhana.

    terima kasih

    mau nanya, pada distilasi akan terjadi kesetimbangan uap-cair, dimana temperatur fasa uap seharusnya sama dengan temperatur fasa cair, namun pada percobaan distilasi sederhana, bagaimana temperatur bottom dan uapnya? apakah temperatur uap akan sama dengan temperatur bottom, ataukah lebih kecil? mengapa demikian?

    Jika ingin mendestilasi suatu larutan menjadi parfum, campuran larutannya apa aja ya? Apakah peran termometer sangat penting? Kira kira pada suhu berapa untuk menghasilkan destilat dari larutan tadi?

    Suhu merupakan faktor penting dalam pemisahan dengan teknik destilasi. Oleh karena itu, untuk mendapatkan destilat murni, harus dilakukan destilasi pada suhu titik didihnya. Misalkan untuk memisahkan etanol dari air, maka dilakukan destilasi pada suhu 78 °C.
    Demikian. Terima kasih

    Pada praktikum penentuan kadar air dalam suatu bahan metode destilasi. itu katanya kadar air yang terkandung dalam sampel harus dibawah 10 ml. kira2 kenapa ya pak? trims

    Mas saya mau nanyak saya sedang melakukan penelitian minyak atsiri dengan menggunakan sempel daun ruku – ruku dan daun sletri dengan mennggunakan metode destilasi air
    Sebaiknya saya menggunakan pelarut apa dan pada suhu berapa?
    Terimakasi mas

    Untuk isolasi minyak, dapat digunakan pelarut yang non polar, karena minyak memiliki sifat non polar, sehingga mudah dipisahkan dari sampel. Kemudian dilanjutkan dengan penguapan pelarut menggunakan alat rotary evaporator.
    Terima kasih

    mas saya mau tanyak, saya sedang melakukan pnelian minyak atsiri dari daun ruku – ruku dan sletri dengan metode destilasi air
    pelarut apa yang cocok saya gunakan dan suhu berapa yang saya gunakan?
    terimakasi mas

    Saya belum dapat memberikan saran karena deskripsi penelitian yang diberikan masih sangat umum. Tolong berikan deskripsi penelitiannya secara lebih detail biar dapat diberikan saran.
    Terima kasih

    maaf saya mau nanya ,
    1. mengapa cairan yang keluar pada suhu yang bukan pada rentang titik didih cairan yang diinginkan harus dipisahkan?
    2. mengapa isi labu distilasi tidak boleh melebihi dari dua pertiga kapasitas labu?
    3.mengapa pada akhir distilasi, labu tidak boleh sampai kering?
    4.bagaimana cara menguji kemurnian distilat yang diperoeh?
    5.pada suhu berapa distilat pertama keluar?dan destilat suhu berapa yang ditampung?
    terimakasih 🙂

    1. Cairan yang keluar pada suhu yang bukan pada rentang titik didih cairan yang diinginkan harus dipisahkan karena cairan itu bukan merupakan cairan yang kita inginkan, makanya harus dipisahkan.
    2. Isi labu destilasi tidak boleh melebihi dua pertiga kapasitas labu karena ketika larutan yang akan didestilasi terlalu banyak maka ketika mendidih cairan akan bisa naik ke atas dan keluar ke labu penampung destilat (biasanya labu erlenmeyer) karena pengaruh perbedaan suhu dan tekanan, sehingga bisa jadi cairan yang akan tertampung di labu penampungan destilat (biasanya labu erlenmeyer) bukan cairan murni tapi merupakan campuran, sehingga proses pemisahan yang kita inginkan tidak tercapai dengan baik.
    3. Pada akhir destilasi, labu tidak boleh sampai kering karena faktor keamanan dalam bekerja, kalau labunya kering, dan kita memberikan panas yang berlebih, labu tersebut bisa pecah.
    4. Cara menguji kemurnian destilat yang diperoleh adalah tergantung dari jenis destilat (cairan) yang diperoleh, sehingga kemurniannya harus diuji dengan teknik pengujian cairan tersebut.
    5. Suhu destilat yang akan keluar pertama adalah rentang suhu penguapan dari cairan tersebut, sehingga untuk memperoleh destilat yang murni, kita harus menanmpung cairan yang keluar pada rentang suhu tersebut.

    Demikian.
    Terima kasih.

    tolong dijawabnya

    Suatu campuran dapat dipisahkan dengan cara penyulingan ?
    a. Berdasarkan perbedaan ukuran partikel
    b. Berdasarkan kemampuan zat untuk menyublim
    c. Berdasarkan perbedaan titik didih
    d. Berdasarkan kemampuan zat untuk mengembun

    Tolong cepet dijawab ya, soalnya tugas saya dipakai bsk 😀 🙂 😛 😉

    siang pak, mau tanya tentang destilasi uap.
    kenapa dalam destilasi ini diperlukan uap air dari labu B ke labu A.
    kenapa tidak langsung digabungkan saja, toh nanti kalo air sama campuran itu dijadiin satu bakalan tetep ada uap air?

    oh ya pak, mau tanya juga kelebihan kelemahan alat destilasi uapapa aja ya?

    terima kasih pak.

    Destilasi uap dirancang khusus untuk memisahkan atau mendestilasi senyawa yang sensitif terhadap perubahan suhu yang besar. Itulah yang menjadi kelebihan dari alat destilasi uap.
    Terima kasih

    sore pak, saya mau tanya lagi. ketika kita menggunakan alat destilasi hal-hal yang harus diperhatikan itu apa saja pak? semisal aliran air pada kondensor apakah boleh searah dengan arah uap menuju labu destilat. terima kasih

    sore pak mau tanya..
    bagaimana mass balance (kesetimbangan massa) dalam proses destilasi??
    di tunggu ya..
    makasih

    Suhu 78 °C itu adalah suhu destilasi untuk memisahkan etanol dari air, karena titik didih etanol adalah 78 °C. Kalau untuk memisahkan senyawa lain, maka suhunya bukan 78 °C, tapi suhu dari titik didih senyawa itu.
    Terima kasih.

    Mas saya mau tanya, saya menggunakan alat destilasi yg sumber energi panasnya dari ricecooker, yang mau saya tanyakan bagaimana cara mengecek air yg ada dalam bejana ricecooker kering atau tidak, soalnya tertutup oleh bagian bawah labu..
    Ada cara lain tidak mas untuk mempercepat proses destilasi selain menggunakan ricecooker sebagai sumber energi panasnya mas?

    Susah juga ya karena pengamatan air yang di receecooker tidak dapat diamati secara langsung. Akan tetapi, air yang di ricecooker masih tetap dapat dilihat, sehingga tiap saat harus dikontrol air tersebut.
    Sebenarnya pemanasnya bisa diganti dengan pemanas air yang plastik transparan yang kumparan pemanasnya dapat dicelup di dalam air pada wadah plastik tersebut (atau dalam gelas kimia), sehingga dapat diamati air dalam wadah apakah sudah habis atau belum.
    Demikian.
    Terima kasih

    Assalamu’alaikum pak,

    apakah metode destilasi bisa digunakan untuk ekstraksi oleoresin jahe ? atau hanya terpisah minyaknya saja ?

    kalo boleh saya minta YM nya pak, saya mau tanya”, terima kasih 😀

    pak mau tanya
    kalo bikin ekstrak taneman herbal pake metanol aman ga, soalnya di mana2 katanya racun
    dibandingkan ekstrak pake etanol atau heksana, perbedaannya apa?

    Pembuatan ekstrak berbahan herbal harusnya bebas dari pelarut metanol, etanol, ataupun heksana. Jadi, setelah selesai ekstraksi, sebaiknya dilakukan pemisahan anatar ekstrak dan pelarutnya. Setelah dilakukan pemisahan ekstrak dan pelarut, untuk memastikan ekstrak yang terbebas dari pelarut seperti metanol, kemudian perlu dilakukan uji bebas metano. Demikian, terima kasih

    saya ingin bertanya, bagaimana proses distilasi pada pembuatan isoamil asetat (aroma pisang)? mengapa pada proses tersebut menggunakan kondensor bentuk lurus? terimakasih

    saya ingin bertanya, bagaimana proses distilasi pada pembuatan isoamil asetat (aroma pisang)? mengapa pada proses tersebut menggunakan kondensor bentuk lurus? terimakasih. Mohon jawabannya

    mau tanya
    klo saya buat distiator dari rice cooker untuk pemisahan heksan trus kontak lngsung dengan pemanasnya tanpa melalui media pemanasan air terlebih dahulu bhaya atau terbakar ga ya?

    Kalau air kondensor dari atas, maka kondensor tidak akan terisi dengan air sehingga proses pendinginan yang diinginkan tidak akan berhasil.
    Jadi air harus dialirkan dari bawah.
    Terima kasih.

    Destilasi adalah salah satu metode pemisahan dengan prinsip perbedaan titik didih antara dua zat cair yang mau dipisahkan.
    Rotary evaporator adalah alat yang digunakan juga untuk memisahkan dua zat cair dengan menurunkan tekanan sehingga proses pemisahannya berada pada suhu yang lebih rendah dari suhu didih zat cair tersebut. Biasanya dilakukan untuk zat-zat yang diharapkan tidak mudah rusak oleh pengaruh suhu yang tinggi, sehingga dengan menggunakan rotary evaporator akan diperoleh zat murni yang dipisahkan pada suhu yang lebih rendah dari suhu didihnya.
    Untuk mengganti alat destilasi dengan rotary evaporator pada destilasi bioetanol, secara teoritis sih semestinya bisa digunakan rotary evaporator untuk memisahkan bioetanol, namun dari segi ekonomis menjadi kurang baik, karena akan memberikan cost atau harga yang lebih mahal dari semestinya jika kita menggunakan alat destilasi biasa.
    Terima kasih.

    Tergantung tekanan yang diberikan. Kalau yang biasa dilakukan dengan rotary evaporator sekitar 30-40 derajat selsius, mungkin sudah bisa untuk memisahkan etanolnya.
    Terima kasih

    Salam kenal pak . Bisa bantu pak mengenai penjelasan pemisahan air dalam metanol apakah bisa dibantu ? Kalo pakai kapur tohor apakah ada perbandingannya atau gimana cara pencampurannya dan penyulingannya yg benar terima kasih

    Titik didih etanol sekitar 78 derajat selsius, sehingga destilasi dilakukan pada suhu ini untuk memisahkan etanol dari air.
    Jadi sebaiknya destilasinya dilakukan dua atau tiga kali pada suhu tersebut.
    Namun, tidak dapat diperoleh etanol murni dengan teknik destilasi, maksimal yang diperoleh adalah etanol 95%.
    Untuk meningkatkan kadar etanolnya biasanya ditambahkan CaO untuk menghilangkan air pada etanol 95% tersebut.

    Alat sederhana yang bisa mengetahui kadar etanol adalah alkoholmeter, namun alat ini keakuratannya kurang, tapi saya kira alat ini cukup untuk skala sederhana.

    pak mau tanya cara mencampurkannya menggunakan apa ? dan perbandigannya berapa pak untuk pembuatan metanol murni ? terima kasih

    hendry

    Cara mencampurkan apa?
    Kalau cara mencampurkan CaO, gunakan perhitungan stiokiometri untuk mencampurkan berapa banyak CaO yang digunakan.
    Terima kasih.

    Salam,
    Rolan Rusli

    Selamat malam Pak. saya memiliki beberapa pertanyaan:
    1. jika yg di destilasi adalah n-heksan dan etil asetat, apa yang dipisahkan? sementara etanol di destilasi untuk menghilangkan airnya
    2. bagaimana kita bisa mengetahui suhu dalam labu destilasi adalah suhu penguapan cairan yg dituju? apakah dimasukkan termometer ke dalam alatnya dan dibiarkan selama proses destilasi berlangsung? apakah aman bila termometer dimasukkan ke dalam, sementara tekanannya besar.
    3. apakah perlu membuang cairan awal yg berada di labu penampung pertama kali? bila perlu, berapa mL?
    4. jika ekstrak ingin dijadikan suatu sediaan, maka perlu dipisahkan ekstrak dari pelarutnya (ekstrak yg diperoleh n-heksan, dan etil), cara pemisahan yg terbaik apa Pak?
    Terima Kasih

    1. Cari data titik didih keduanya (n-heksan dan etil asetat).
    2. Termometer harus ada dalam sistem tersebut karena digunakan untuk mengukur suhu.
    3. Tidak perlu membuang cairan hasil destilasi awal.
    4. Bisa dengan destilasi hanya biasanya banyak yang melakukan dengan rotary evaporator karena menghindari kerusakan ekstrak pada suhu yang tinggi.
    Terima kasih

    Mas, saya mau tanya
    Saya kan mendistilasi sereh wangi dengan sistem distilasi air dan uap (kukus), air sebagai sumber uap mendidih pada suhu 98 derajat celcius, dan titik didih minyak sereh wangi itu diatas 200 derajat celcius.
    yang saya tanyakan, mengapa ketika didistilasi, air yang bersuhu hanya 98 derajat celcius dapat mengikat minyak yang terkandung pada daun, padahal kan suhu minyak tersebut sangat tinggi?
    Hukum apa yang berkaitan dengan kasus tersebut?
    apakah ada kesetimbangan? klo ada keseimbangan apa?
    satu lagi ya mas, apakah tau kelarutan minyak atsiri dalam uap air (suhu 98 derajat celcius dan tekanan atmosferik)?
    terimakasih

    titik didih tidak berkorelasi dengan kelarutan.
    titik didih dipengaruhi oleh berat molekul (mr dari senyawa tersebut) kalau mr senyawa besar maka titik didihnya tinggi serta gaya atau energi ikat antar molekulnya kalau energi ikat antar molekulnya besar maka titik didihnya akan cenerung tinggi. faktor lain yang bisa menyebabkan titik didih tinggi adalah struktur molekul tersebut.

    untuk kelarutan konsep utama adalah prinsip dari like dissolve like, yaitu senyawa yang polar akan lebih mudah larut dalam senyawa yang polar, demikian pula sebaliknya, senyawa yang non polar akan mudah larut dalam senyawa yang non polar pula. (harap baca mengenai polaritas senyawa, momen dipol, dan tetapan dielektrik).

    demikian.
    terima kasih.

    salam,
    Rolan Rusli

    saya mau tanya pak.. penggunaan selang plastik untuk sambungan dari kondensor ke erlenmeyer tidak berpengaruh ya??
    terimakasih..

    Ideallnya gunakan konektor yang dari kaca (konektor tersebut ada). Namun, jika kita tidak mempunyainya dapat kita ganti dengan selang, hanya saja kita harus mencari selang yang tahan dengan bahan-bahan yang akan melewatinya.
    demikian.
    terima kasih.

    1. mau tanya kalo saya mau cari etanol apakah destilatnya harus pada suhu 78 derajat celcius?? terus destilat yang 0 derajat sampe 77 derajatnya atau lebih dari 78 derajat celcius dibuang atau tidak ikut ditampung??
    2. pada saat proses destilasi alkohol diperlukan batu didih atau tidak??

    terimakasih

    1. titik didih etanol 78 derajat celcius, namun etanol dapat menguap sebelum suhu tersebut, artinya etanol yang menguap pada suhu sebelum 78 derajat celcius itu dapat ditampung juga.
    2. batu didih digunakan untuk mempercepat proses pendidihan, kalau tidak digunakan juga tidak masalah, apalagi untuk proses destilasi zat yang titik didihnya rendah.
    terima kasih

    Apakah yang membedakan penggunaan pendingin pada distilasi biasa dan distilasi fraksi dan Apakah fungsi pipa alonga dan air dingin yang mengalir melingkupi pendingin Liebig selama proses distilasi berlangsung? terimakasih sebanyak-banyaknya

    maaf mau tanya bagaimana untuk metode destilasi kukus ? dan berapa kira kira anggaran yg di perlukan untuk metode destilasi kukus terimakasih

    kemurnian destilat dapat dilakukan dengan berbagai cara atau metode tergantung pada bahan yang kita destilasi. Misalnya dapat dilakukan dengan kromatografi gas untuk senyawa-senyawa organik.
    Terima kasih.

    Titik didih etanol lebih tinggi dibandingkan dengan n-heksana, karena etanol memiliki ikatan hidrogen antar molekulnya, sedangkan n-heksan tidak memiliki ikatan hidrogen. Dengan adanya ikatan hidrogen inilah yang menyebabkan titik didih etanol lebih tinggi dari titik didih n-heksana.

    Terima kasih

    Termometer diletakkan pada pertigaan labu destilasi agar diperoleh destilat yang murni sesuai karena suhu yang terukur adalah suhu destilat (senyawa yang didestilasi).
    Terima kasih

    Mau tanya kalau mau memisahkan minyak dari n-heksan apakah bisa menggunakan destilasi? Karena alat rotary vacumm evaporator saya sedang rusak. Kalau iya apa bedanya antara kedua pemisahan tersebut?

    Sebenarnya tidak ada masalah kalau menggunakan destilasi. Bedanya kalau menggunakan rotary evaporator, tekanan pada proses diturunkan, sehingga suhu penguapan zat akan turun, beda dengan destilasi, tidak ada pengaruh tekanan, jadi suhu penguapan zat tetap. Kalau memisahkan sampel yang mudah rusak karena pengaruh suhu sebaiknya gunakan rotary evaporator. jika sampel tidak rusak karena pengaruh suhu, maka dapat digunakan destilasi yang tentunya akan lebih murah (ekonomis). terima kasih

    halo pak,malam.saya ingin bertanya,jika saya ingin memanaskan cairan seperti air teh dan kopi yang sudah difermentasi untuk di destilasi,apakah tetap membutuhkan batu dalam labu untuk titik didih,apakah bisa cairan semacam kopi di destilasi,saya penasaran untuk mencoba.dan jika bisa di suhu berapa idealnya untuk memisahkan partikel cairannya.

    untuk jawabannya saya ucapkan banyak terima kasih
    Salam

    Batu didih boleh tidak ada karena batu didih digunakan hanya untuk membantu mempercepat proses pendidihan.
    Cairan seperti kopi bisa didestilasi, untuk suhunya saya belum tau, karena belum pernah saya coba.
    Terima kasih.

    Lah? Batu didih penting dong, kalau terjadi kecelakaan bumping nantinya gimana? Banyak manfaat batu didih untuk menyelamatkan proses yang adsa di labor, memperharikan kreselamatan itu penting, siapa bilang gak pakai batu didih gak masalah

    Pak saya mau nanya, apakah benar pada saat percobaan destilasi menggunakan air teh warna destilatnya adalah tidak berwarna dikarenakan saat proses pemanasan dan pendidihan air teh, air lebih cepat menguap daripada zat pengotor teh? Mohon bantuannya trims

    Mau bertanya lagi, sebenarnya cara menentukan titik didihnya apakah pada saat destilat pertama kali menetes atau pada saat ketika suhunya sudah konstan? Terus mengapa titik didihnya tidak 100derajat celcius ya?

    Untuk destilasi letak termometer sangat menentukan kualitas destilat yang dihasilkan. pastikan termometer berada pada letak yang tepat yaitu di pesimpangan tiga dari seperti pada gambar. terima kasih

    maaf pak, mau bertanya..
    1. apakah destilasi dengan sampel oli bekas tidak meledak? (oli bekas kan termasuk limbah B3)
    2. boleh kah menggunakan kompor listrik agar suhunya konstan?? (jadi termometernya masih saya gunakan atau tidak)
    3. kenapa harus destilasi uap?.

    Terima Kasih

    maaf pak, mau bertanya..
    1. apakah destilasi dengan sampel oli bekas tidak meledak? (oli bekas kan termasuk limbah B3)
    2. boleh kah menggunakan kompor listrik agar suhunya konstan?? (jadi termometernya masih saya gunakan atau tidak)
    3. knp harus destilasi uap?

    Terima Kasih

    Untuk pertanyaan Nomor 1 dan 3 saya belum paham maksud pertanyaannya.
    Untuk pertanyaan Nomor 2, kompor listrik walaupun sudah dietting suhunya tapi harus dipastikan berapa deviasi plus minus suhu dari setinggan kompor listrik tersebut. Jadi sebaiknya tetap menggunakan termometer.

    Terima kasih.

    maaf pak, destilasi yang saya tahu itu ada destilasi sederhana, uap, fraksionisasi, dan destilasi sederhana. kalau untuk mendestilasi limbah oli bekas atau sampah plastik. sebaiknya menggunakan destilasi apa? dan alasannya
    terima kasih pak.

    terima kasih infonya pak..
    destilasi yg saya tahu itu antara lain destilasi sederhana, uap, fraksionsasi dan destilasi vakum.. untuk mendestilasi limbah oli bekas,sebaiknya sy menggunakan metode destilasi yg mana? dan alasannya..

    maaf pak, mau bertanya.. saya ingin mengetahui kadar etanol pada tuak dengan menggunakan GC, apakah tuak tersebut perlu di destilasi terlebih dahulu sebelum ditentukan kadar etanolnya dengan alat GC?

    Secara teoritis, dengan menggunakan alat GC maka tidak perlu didestilasi karena GC adalah instrumen yang dapat memisahkan dan menentukan kadar etanol tersebut dalam tuak. Akan tetapi, jika ragu nanti adanya interfernsi atau gangguan dari bahan atau senyawa lain yang nantinya akan mengganggu pembacaan puncak yang dihasilkan sebaiknya dilakukan destilasi terlebih dahulu, sehingga data yang diperoleh benar-benar data akurat mengenai kadar etanol.
    Demikian.
    Terima kasih.

    Termometer diletakkan pada pertigaan labu destilasi agar diperoleh destilat yang murni sesuai karena suhu yang terukur adalah suhu destilat (senyawa yang didestilasi).
    Terima kasih

    Maaf pak, saya bertanya..
    Penghitungan komponen didaulat bisa dilakukan dengan 2 cara, dg menggunakan data tekanan uap murni masing2 komponen dan dengan menggunakan data hasil percobaan. Sejatinya, apakah kedua cara tersebut akan menghasilkan hasil yang sama? Mohon disertai alasannya, terimakasih

    Destilasi uap biasanya yang didestilasi adalah minyak atsiri (senyawa yang mudah menguap), sebaiknya analisis komponennya dilakukan dengan GC-MS (kromatografi gas).
    Terima kasih.

    Siang, saya mau tanya pak. Pada percobaan distilasi uap saya dg minyak zaitun suhunya menunjukkan 96.5 derajat celcius. Namun, nenurut literatur suhu minyak adlh sekitar 200 derajat celcius. Apa yg menyebabkanvsuhu tsb turun pak? Lalu pengaruh suhu pada destilasi itu spt apa pak? Tolong dibalas terimakasih banyak..

    Destilasi uap biasanya untuk mendestilasi minyak atsiri. Kalau suhu 96.5 itu mesti dicek terlebih dahulu apa komponennya, suhu seperti itu bisa jadi adalah suhu air, atau senyawa lain yang memiliki suhu yang rendah dari suhu minyak tersebut.

    Salah satu faktor yang dapat menurunkan suhu adalah tekanan, sehingga prinsip ini dipakai dalam alat rotary evaporator.

    Terima kasih.

    Salam,

    Maaf mas sya mau tanya kira2 ada saran ga untuk penentuan judul penelitian sya dengan proses destilasi? Sya posisi mahasiswa teknik kimia.

    maaf mau tanya, kalo hubungan indeks bias dan BJ apa ya? lalu kenapa etanol dan air pada proses destilasi dapat berpisah? tolong dijawab ya pak
    terimakasih

    Air dan Etanol bisa berpisah secara molekular pada saat proses destilasi karena memang air dan etanol pada tidak berikatan secara kovalen ataupun ionik, jadi dapat dengan mudah dipisahkan. Akan tetapi dipisahkan melalui proses destilasi karena air dan etanol memiliki ikatan hidrogen antar molekulnya, karena untuk memutuskan ikatan hidrogen tersebut dibutuhkan energi. Energi yang dibutuhkan itu diperoleh dari panas pada saat proses destilasi tersebut.

    Siang saya mau nanya
    1. Bagaimana cara membedakan titik didih destilasi?
    Bagamana reaksi asetilasi saat memasukkan gugus asetil ke gugus lain?
    3. Apa yang dimaksud dengan protonasi?
    4. Apa prinsip dari destilasi?

    .
    .
    Terima kasih

    Yang akan dijawab adalah mengenai destilasi saja karena materi pada halaman ini tentang destilasi.

    Tititk didih destilasi dibedakan dengan cara melihat suhu pada termometer.
    Prinsip destilasi adalah pemisahan berdasarkan perbedaan titik didih komponen senyawa yang akan dipisahkan.

    Terima kasih.

    mau tanyak, penggunaan rotary evaporator untuk memisahkan etanol dengan air bisa atau tidak?
    jika suhu evaporator yang digunakan diatas titik didih etanol sekitar 78-81 bagaimana pengaruh terhadap hasil?
    terima kasih

    Kalau menggunakan rotary evaporator sebaiknya jangan menggunakan suhu 80-81 derajat selsius karena alat rotary evaporator menggunakan vakum (tekanan) untuk menurunkan suhu didih dari larutan tersebut. Jadi pada suhu tersebut bukan hanya etanol yang dihasilkan tapi ada senyawa lain.
    Terima kasih

    Pak sy mu tanya. Yang mau sy destilasi adalah oli bekas, kira2 cocoknya pakai metode destilasi apa?? Destilasi uap atau sederhana.? Alasannya?
    Terima kasih banyak.

    Pak saya mau nanya,.untuk destilasi plastik apakah bisa diganti pendingin air dengan pendingn udara?
    Maksudnya ruang kondensor dipaksakan udara masuk menggunakan kipas angin.

    assalamualaikum, maaf pak saya mau tanya titik didih methanol teknis berapa ya ..? soalnya saya mau melakukan evaporasi ekstrak daun kangkung, terima kasih sebelumnya.

    Pak saya mau taya.
    1. Kenapa selang pada kondensor harus di balik saak melakukan percobaan ke dua yang di atas pindah ke baeah dan selanjut y yg bawah ke atas..
    2. Saat percobaan teh kemudian uap berubah menjadi bening tetapi uap ya masih beraroma teh.. tolong jawab..trimss

    Pertanyaannya untuk yang nomor 1 saya kurang paham maksudnya.
    untuk yang nomor 2, mohon dapat disampaikan berapa suhu yang digunakan untuk destilasi teh tersebut, untuk lebih jelasnya. Didalam teh ada senyawa-senyawa yang bisa menguap dengan mudah pada suhu air panas, yang dapat dibuktikan dengan aroma khas teh yang dapat dihirup (sama seperti kopi).
    Terima kasih

    Pak saya mau tanya
    1. Pengaruh apa yang dihasilkan oleh air dingin dan air biasa yang mengalir ke kondensor pada destilasi ? Lebih bagus air dingin atau air biasa untuk destilasi ? Tlng diberkan penguat daru buku
    2. Pengaruh pengaliran air pada destilasi dari yang berlawanan arah dan yang searah
    3. Mengapa pada klorofom saat dimasukan kedalam labu destilasi yang dicampurkan dengan aquades terjadi gelembung2 yg pergi keatas dan kebawah.

    Tlong dijawab pak. Trma ksh

    Karena volume akhir yang diperoleh merupakan senyawa yang sudah murni (terpisah dari campurannya) sehingga volume akhir yang diperoleh menjadi lebih kecil (sedikit).
    Terima kasih

    maaf ingin bertanyapada percobaan yang saya lakukan , destilasi , menambahkan beberapa tetes pb(NO3)2 apa fungsinya terimakasih

    Maksudnya financing disini apa ya?

    Kalau yang dimaksud cepat selesai, karena pada destilasi vakum, suhu didih diturunkan karena tekanan diturunkan (ingat kembali persamaan gas ideal PV = nRT, dimana tekanan berbanding lurus dengan suhu). Jadi pada destilasi vakum tidak perlu sampai suhu tinggi sudah cukup untuk mendapatkan destilat.
    Demikian.
    Terima kasih.

    Mas mau tanya,mengapa saat menentukan perbandingan susunan komponen destilat air dan toluena dengan berdasarkan pengukuran volume dan tekanan uap campuran air-toluena pada titik didihnya diperoleh perbandingan yang sama? Contohnya misalnya hasil perbandingan keduanya sama sama 1:5. Mohon bantuannya mas

    Mas, saya sama teman” sudah mencoba mendestilasi larutan yang sudah difermentasi.
    Kita destilasi memakai panci presto, suhunya sudah konstan 78 C. tapi, kami pemanasanya menggunakan api kecil dan apinya dijauhkan dari bagian bawah panci.

    tapi, kenapa tetap gasnya tidak bisa keluar?

    Kak, apakah suhu etanol itu wajib 78 C?
    Apakah volume larutan juga berpengaruh pada ketentuan suhunya?

    Dan saya sudah mencoba melakukan destilasi menggunakan panci presto. Suhunya sudah konstan, tapi kenapa tidaka ada gas atau cairan yang keluar?

    kak, kenapa pada suhu 67 etanol murni nya sudah menetes padahal titik didihnya 78 derajat

    Kak, apa perbedaan etanol tekni 96% dengan etanol murni

    kak, kenapa volume yang di hasilkan adalah 25 ml dari total campuran sebbesar 35 ml

    1. Sama seperti anda masak air, titik didih air adalah 100 derajat, namun sebelum suhu tersebut, sudah ada uap-uap air, artinya sebelum suhu 100 air sudah mulai menguap.
    2. Etanol teknis banyak mengandung campuran zat selain etanol, sedangkan etanol murni hanya mengandung etanol saja.
    3. 25 ml dari 35 ml yang didestilasi berarti banyaknya senyawa yang didestilasi dari campuran tersebut adalah 25 ml dari 35 ml campuran yang didestilasi.
    Terima kasih

    Mau nanya , apa yang harus saya lakukan ketika sebelum proses destilasi selesai ,larutan yg berada di labu erlenmeyer sudah berubah warna?

    selamat malam, saya mau tanya, bagaimana cara mengetahui bahwa hasil destilasi adalah etanol? bagaimana jika senyawa lain yang dihasilkan yang memiliki titik didih yang sama dengan titik didih etanol? terima kasih sebelumnya

    Assalamu’alaikum saya ingin bertanya
    1. Kenapa pada suhu 95 ° C hasil kondensatnya 0 , penyebabnya apa?
    2. Dan kenapa setelah ditimbang kondensatnya nilainya 24,23 ? Makin jelek gitu? Tolong kasih solusi apa penyebabnyaa

    Terimakasih

    Semoga bapak menjawabnya dengan cepat

    Mohon penjelasannya, mengapa dalam destilasi etanol dengan petroleum eter dalam destilatnya terdapat 2 lapisan, pemyebabnya apa? Kemudian volume destilat dan residu yang dihasilkan lebih kecil dari sebelumnya dan ada volume yang hilang, penyebabnya apa? Terimakasih

    Izin bertanya pak, salah satu kesalahan dalam destilasi adalah masih terdapatnya cairan dalam labu destilasi sehingga mempengaruhi volume akhir Destilat. Bagaimana caranya agar hal tersebut tidak terjadi dan bagaimana kita benar benar tau klau sudah tidak ada lagi cairan dalam labu tsb?? Terimakasih pak🙏🙏

    Kalau titik didih dipengaruhi oleh Mr, mengapa titik didih air lebih tinggi dibandingkan dengan etanol? Apakah ini hanya berlaku untuk senyawa organik atau bagaimana?

    Selamat pagi pak mohon maaf ijin bertanya pak
    1. Apa saja macam” alat pendingin dan fungsinya ?
    2. Zat apa saja yang dapat dimurnikan dengan destilasi? Sebutkan kriterianya beserta contohnya?
    terimakasih pak 🙂

    Pak maaf mau tanya, susunan alat destilasi itu mengapa demikian pak?
    Tolong dijawab ya pak soalnya untuk keperluan pembahasan di laporan, terimakasih sebelumnya pak

    Izin bertanya pak? Mengapa pada percobaan destilasi menggunakan es batu. Apa kegunaan es batu tersebut? Sekian terimakasih

    Izin bertanya pak.
    Saya sedang menyusun skripsi tentang pembuatan bioetanol. Untuk mengetahui kadar etanol, saya akan menggunakan GC.
    Nah, apa perlu sebelum GC saya lakukan distilasi etanol terlebih dahulu? Kalau tidak, alasannya mengapa ya pak?
    Terima kasih.

    Hasil analisis menggunakan GC akan diperoleh puncak dari senyawa yang dianalisis beserta luas areanya.
    Dari luas area puncak senyawa tersebut kita dapat mengetahui konsentrasi senyawa yang dianalisis tersebut.
    Terima kasih

    Izin bertanya pak.
    mengapa pipa destilator tempat pertukaran uap air yg bagian bawah dan yang atas kecil, apa yang terjadi jika bagian atas dan bawah besar dan bagaimana jika bagian atas dan bawah kecil ?
    Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *