Kepolaran Molekul Senyawa Kimia

Kepolaran suatu zat dapat ditinjau berdasarkan nilai momen dipol. Momen dipol ini dipengaruhi oleh elektronegatifitas dari atom-atom yang berikatan. Jika dua atom berikatan yang memiliki keelektronegatifan yang sama seperti iodium (I2), maka maka akan memiliki nilai momen dipol yang berharga nol karena resultan gayanya sama dengan nol karena gayanya akan saling meniadakan. Hal ini dapat dilihat pada gambar 1. Sedangkan H2O akan bersifat polar karena memiliki keelektronegatifan yang berbeda dari atom O dan H, sehingga resultan gayanya ditunjukkan oleh tanda anak panah yang tebal pada gambar 2.

Gambar 1. Arah resultan gaya Molekul Iodium

Gambar 2. Arah resultan gaya Molekul Air

Kepolaran Molekul

about author

Rolan Rusli

rolan@rolanrusli.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

2 Comments on "Kepolaran Molekul Senyawa Kimia"

    Memang masih kurang lengkap, karena disini belum dibahas bagaimana skala keelektronegatifan berdasarkan beberapa teori yang telah ada. Namun yang dipaparkan ini merupakan suatu metode sederhana dalam memahami kepolaran molekul. Nanti akan diberikan bagaimana kepolaran berdasarkan teori-teori yang ada tersebut, jika ada waktu yang cukup luang untuk menuliskannya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *